Apa Itu Bisnis Online? Pengertian, Jenis dan Manfaatnya

Apakah Anda berniat memulai bisnis online dan masih bingung tentang arti dan maknanya? Jika iya, maka tepat sekali mampir kemari. Pada pembahasan kali ini kita akan mengulas tentang pengertian bisnis online beserta jenis dan manfaatnya.

Pengertian Bisnis Online

Apa itu bisnis online? Pengertian bisnis online secara umum adalah segala kegiatan aktivitas bisnis baik jasa maupun produk yang dilakukan menggunakan internet (secara online). Jadi, media yang digunakan adalah "internet".

Beda halnya dengan bisnis offline yang harus dilakukan secara langsung. Jika anda melakukan bisnis online, maka kegiatan promosi, jual beli, tawar menawar (negosiasi) dan transaksi dilakukan menggunakan jaringan internet.

Apa Itu Bisnis Online

Artinya, tanpa akses internet, bisnis online tidak bisa berjalan.

Sudah paham sampai disini?

Apabila ada seseorang yang melakukan bisnis melalui internet, maka bisa dibilang orang tersebut sedang menjalankan bisnis online. Selain kegiatan jual beli online, penyedia jasa secara online juga merupakan aktivitas bisnis online.

Tanpa ada batasan, semua orang dapat memulai bisnis online jika "mempunyai akses internet" apabila mempunyai ide-ide unik, kreatif dan sebagainya.

Baca juga artikel menarik ini : Keuntungan Bisnis Online Shop Bagi Penjual dan Pembeli

Apakah ada bisnis online tanpa modal? Jawabannya tidak, semua kegiatan bisnis tentu mempunyai modal walaupun hanya dengan hp smartphone saja itu dinamakan modal. Tahu sendiri kan, zaman sekarang menikmati akses internet membutuhkan banyak biaya yang harus dikeluarkan. Jadi kalau ada yang bilang bisnis online tanpa modal pasti "Hoak".

Pengertian Bisnis Online
Bisnis Online memerlukan akses internet itu mutlak!
Bisnis online tentu memerlukan modal, tetapi tidak sebanding dengan pengeluaran saat memulai bisnis offline. Ada kok bisnis online yang hanya bermodal HP Smartphone Android dan paketan internet saja, contohnya menjadi youtuber, blogger dan bisnis online shop.

Adanya bisnis online dapat mempermudah penjual maupun pembeli dalam hal "Transaksi". Sebagai penjual, kita tanpa repot-repot mendirikan toko secara nyata dalam bentuk bangunan, hanya bermodal blog, website atau pun promosi ke sosmed.

Kemudian sebagai pembeli, kita tanpa ribet harus pergi menghabiskan waktu untuk membeli sesuatu, hanya tinggal browsing apa yang akan kita beli, disitu lengkap dengan gambar, bahkan bisa melakukan tawar menawar.

Pengertian Bisnis Online Menurut Kamus Indonesia

Bisnis Online terdiri dari dua kata, yaitu "Bisnis" dan "Online". Bisnis merupakan kegiatan yang dilakukan oleh individu atau kelompok untuk memperoleh keuntungan (laba) dengan beberapa cara, seperti memproduksi barang untuk di jual belikan atau pun menyediakan jasa kepada konsumen.

Sementara itu, online memiliki arti kegiatan yang terhubung ke internet melalui komputer yang bisa diakses dengan jaringan komputer lainnya.

Jadi dapat disimpulkan, pengertian bisnis online adalah kegiatan atau aktivitas yang dilakukan oleh seseorang atau secara berkelompok untuk memproduksi produk dan menyediakan jasa untuk konsumen, tetapi melalui media internet.

Tujuan utama bisnis online sebenarnya sama, yakni memperoleh keuntungan (uang yang banyak). Tetapi caranya saja yang berbeda, bisa diakui lebih mudah dan cepat.

Bisnis online sangat cocok bagi anda yang suka berinteraksi di media sosial. Anda bisa memulai bisnis online dengan memanfaatkan medsos yang ada seperti facebook, bbm, wa, instagram dan lainnya untuk mempromosikan dan memasarkan bisnis online anda.

Beberapa kelebihan bisnis online dibandingkan dengan offline meliputi : waktunya tidak terbatas, tidak terikat dengan perusahaan, jangkauan konsumen lebih luas, tidak perlu menggunakan pakaian rapi karena kita tidak bertatap muka langsung dengan konsumen dan biayanya hemat.

Baca Juga: Bisnis Online Untuk Pelajar Omset Puluhan Juta

Jenis Bisnis Online

Jenis bisnis online

Setelah mengumpulkan beberapa informasi dari sumber terpercaya, penulis menyimpulkan bahwa jenis-jenis bisnis online ada 5 (paling mudah dan menguntungkan). Apa saja? Berikut ini penjelasannya..

1. Bisnis Online Affiliate

Secara singkat, bisnis affiliate adalah kita (sebagai pelaku bisnis online) berusaha untuk mempromosikan produk orang lain, baik barang maupun jasa (kebanyakan barang). Apabila terjadi transaksi, maka kita akan mendapatkan imbalan atau bisa disebut komisi.

2. Bisnis Online Google Adsense

Bisnis secara online ini dapat kita lakukan jika mempunyai sebuah website dan blog. Tentu di dalamnya harus ada isinya. Oh iya, youtube juga bisa. Cara kerjanya bagaimana? Pasang iklan di website, blog atau youtube kita dari pihak pengiklan google adsense.

Kita bisa memasang iklan setelah mempunyai akun adsense, cara daftarnya mudah kok (banyak tutorialnya di mbah google). Pendapatan yang diperoleh tergantung dari jumlah klik dan besarnya biaya perklik. Setelah mencapai $100 atau setara Rp.1.300.000 maka otomatis langsung masuk ke rekening kita.

3. Bisnis Toko Online (Ecommers)

Beda halnya dengan Affiliate yang menjual produk orang lain baru mendapat komisi. Maksud ecommers disini adalah kita membuat toko online dengan membeli barang dari supllier produk dan kalian jual sendiri secara online dan bebas menentukan laba dari hasil jualan tersebut. Kerjasama antara pelaku bisnis ecommers dan supllier sangat penting dalam hal ini, bisa di ibaratkan sebagai partner.

4. Bisnis CPA

Kita diperintah oleh pemilik produk untuk menjual, download atau pun menginstall sesuatu. Unik bukan?

5. Bisnis PLR 

PLR merupakan singkatan dari Private Label Right, bisnis online ini memungkinkan kita untuk membeli hak kepemilikan produk dari vendor (pembuat). Sangat cocok bagi anda yang tidak bisa membuat produk sendiri, keuntungan yang didapat sangat banyak karena 100% komisi milik anda.

Manfaat Bisnis Online

Manfaat Bisnis Online

Banyak pertimbangan sebelum memulai bisnis online, apalagi sebelumnya belum pernah terjun ke dunia bisnis. Potensi bisnis online memang sangat menggiurkan, tapi tentu ada beberapa tantangan yang perlu dihadapi. Berikut ini manfaat dan tantangan saat memulai bisnis online.

Manfaat :
  • Waktunya tak terbatas, kapan saja dan dimana saja karena menggunakan akses internet. Bahkan bisa 24 jam dalam sehari.
  • Biaya hemat, tanpa sewa tempat dan karyawan (apabila bisnis secara individu)
  • Produknya bermacam-macam dan fleksibel
Tantangan :
  • Tantangan pertama yaitu resiko penipuan online
  • Mahir dalam hal internet, terutama mengelola website atau blog.
  • Biaya untuk gaget dan komputer beserta software pendukungnya.
Itulah sedikit gambaran terkait dengan Pengertian Bisnis Online beserta Jenis dan Manfaatnya. Jika masih kurang, cari dan kembangkan sendiri pemahaman anda dengan sumber yang benar-benar terpercaya. Jika anda tertarik, Baca Juga : 5 Bisnis Online Untuk Pelajar Omset Puluhan Juta

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel