6 Modal Penting Dalam Membangun Bisnis Selain Uang

Modal adalah sumber dana, singkatnya begitu. Namun perlu anda pahami, modal tidak hanya dalam bentuk uang saja, tenaga keahlian juga termasuk modal. Pengertian modal dalam akuntansi yaitu suntikan dana yang ditambahkan kepada perusahaan besar atau pun kecil yang diperoleh dari pemilik perusahaan atau dari hasil keuntungan (laba/pendapatan perusahaan). Fungsi modal usaha sendiri adalah untuk menggerakkan dan mengembangkan kegiatan bisnis yang telah atau akan dijalankan.

Modal dibagi menjadi dua, yaitu modal uang dan keahlian. Modal uang bertujuan untuk membiayai segala keperluan usaha, mulai dari biaya investasi, perizinan dan modal kerja. Sementara modal keahlian merupakan kemampuan seseorang untuk menjalankan dan mengelola bisnis dan usaha yang dijalani.

Pengertian Modal dalam Akuntansi

Pengertian Modal Menurut Para Ahli

1. Pengertian Modal Menurut Munawir 

Ia berpendapat bahwa modal adalah kekayaan sebuah perusahaan, dibagi menjadi dua, yakni kekayaan dari luar yang disetor ke perusahaan dan kekayaan dari hasil aktivitas produksi (keuntungan/laba).

2. Pengertian Modal Menurut Bambang Riyanto

Menurutnya, modal adalah hasil dari proses produksi yang digunakan kembali untuk kegiatan perusahaan. Jadi keuntungan yang didapat dipergunakan kembali untuk proses produksi, sehingga semakin berkembang kualitas dan jumlah produksinya.

Jenis Jenis Modal

Berdasarkan jenisnya, modal dibagi menjadi 2, yaitu modal investasi dan modal kerja.
  • Modal Investasi : dipergunakan untuk jangka panjang, berulang-ulang dan umurnya rata-rata lebih dari satu tahun. Contohnya untuk membeli tanah, mesin (peralatan), bangunan dan kendaraan. Sumber modal investasi biasanya dari perbankan.
  • Modal Kerja : digunakan untuk jangka pendek, beberapa kali pakai untuk 1 kali proses produksi. Contohnya membiayai segala kebutuhan operasional perusahaan.

Cara Memperoleh Modal atau Sumber Dana Modal

Bagaimana cara kita mendapatkan modal? ada banyak caranya. Setidaknya ada 5 sumber dana modal yang dapat kalian manfaatkan untuk menunjang kegiatan usaha dan bisnis anda. Berikut kelima sumber modal tersebut, meliputi :

1. Modal Dana Pribadi (modal usaha sendiri)

Modal sendiri artinya modal yang didapatkan menggunakan aset pribadi, bisa dengan tabungan atau menjual aset berharga untuk digunakan sebagai modal dalam menjalankan atau memulai usaha bisnis.

2. Modal Pinjaman dari Lembaga Keuangan

Anda bisa memperoleh modal dari lembaga keuangan baik non BANK maupun BANK. Caranya dengan meminjam uang melalui prosedur yang berlaku dengan langkah-langkah dan persyaratan yang sudah ditentukan. Langkah pertama mengajukan permohonan pinjaman dana modal, setelah diterima modal tersebut bisa anda gunakan sebagai tambahan modal.

3. Modal dari Kerjasama

Modal kerjasama didapat dengan cara mengajukan kerjasama kepada taman, atau perusahaan. Modal kerjasama biasanya diminati oleh pengusaha kecil yang bermodal sedikit, sehingga perlu untuk melakukan kerjasama sehingga modal semakin bertambah banyak, baik untuk memulai atau mengembangkan usahanya.

4. Modal dari Perusahaan Besar Multinasional

Perusahaan besar bersekala multinasional swasta maupun pemerintah tentu memiliki anggara tersendiri dalam memberdayakan ekonomi rakyat, khususnya di tempat atau lokasi perusahaan itu berdiri. Maka dari itu, anda dapat memanfaatkan lokasi anda untuk mendapatkan modal dari perusahaan besar tersebut.

5. Modal dari Program Pemerintah

Sumber dana modal kelima yaitu dari program yang dibuat dari pemerintah, biasanya datang dari Kementerian Koperasi UKM (Usaha Kecil Menengah). Bisa berbentuk kerjasama, maupun bantuan sosial.
Nah, itulah sedikit pembahasan pengetahuan bisnis mengenai Pengertian Modal dalam Akuntansi beserta jenis-jenis modal, dan sumber dana modal. Semoga bermanfaat bagi pembaca. Salam sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel