Pengertian Online Shop Menurut Buku dan Para Ahli

Apa sebenarnya pengertian online shop? Mungkin dari anda masih ada yang bingung mendengar istilah yang tidak asing ini, oleh sebab itu penulis mencoba sedikit menerangkan pengertian online shop (bukan menggurui loh). Anda mungkin sedang tertarik untuk mempelajari lebih dalam terkait online shop, sebenarnya banyak buku-buku tentang online shop yang bisa anda dapatkan di toko buku terdekat dengan harga terjangkau atau mungkin di pasar penjual buku harga miring (murah).

Berdasarkan buku karya Haubl dan Trifts berjudul Customer Decision Making in Online Shopping Environments: The Effects of Interactive Decision Aids disitu dijelaskan bahwa pengertian online shop atau belanja Online adalah aktivitas jual beli yang dilakukan oleh konsumen melalui alat penghubung komputer sebagai dasarnya, melalui komputer tersebut konsumen terhubung ke internet dan berinteraksi dengan retailler toko online yang menjual belikan produk dan jasa.

Pengertian Online Shop

Dari pengertian online shop menurut buku diatas dapat kita analisis bahwa kegiatan jual beli yang dilakukan oleh konsumen di toko online melalui internet adalah aktivitas online shop. Namun di zaman sekarang ini pengguna internet tidak hanya berasal dari komputer (PC), namun kebanyakan malah bersumber dari Smartphone canggih dengan akses internet begitu mudah dan cepat.
Rekomendasi Artikel Untuk Anda, Intip : Keuntungan Bisnis Online Shop Untuk Penjual dan Pembeli
Perlu anda ketahui, jual beli online di Indonesia baru berkembang pada tahun 2000an dan setelah 18 tahunan sudah menjamur ke seluruh pelosok negeri. Adanya online shop tidak lepas dari dukungan dari beberapa media sosial yang juga tidak kalah cepat berkembangnya, seperti facebook, instagram, twitter, blog dan lain-lain. Medsos tersebut umumnya dimanfaatkan untuk kegiatan online shop, baik dari sisi penjual dan pembeli.

Berikut ini faktor-faktor yang mempengaruhi kegiatan belanja melalui internet (Online Shop), meliputi :
  • Kelengkapan Informasi : Dalam hal ini kelengkapan situs penjual terkait dengan detail barang yang dijual belikan harus benar-benar lengkap, sehingga konsumen mudah dalam melihat dan memilih barang dan jasa yang ditawarkan.
  • Kenyamanan Pelanggan : Faktor kedua adalah kenyamanan pelanggan, dengan melakukan kegiatan online shop konsumen tidak perlu terjun langsung ke lapangan, artinya tidak perlu mencari langsung barang yang dibeli ditempat itu juga. Tidak perlu ribet kesana kemari, kepanasan kehujanan, hanya duduk manis memilih-milih barang melalui smartphonenya.
  • Waktu Tak Terbatas : Pembeli (konsumen) bisa melihat harga dan setelah cocok harganya tinggal memesan barang dagangan dengan waktu yang tak terbatas, kapan saja di mana saja full 24 jam.
  • Kepercayaan Pelanggan : Nah faktor keempat ini benar-benar harus diperhatikan saat anda akan memulai bisnis online shop, kenyamanan dan kekecewaan akan mempengaruhi usaha anda. Semakin percaya konsumen kepada anda merupakan poin penting dalam online shop, sebaliknya penyesalan dan kekecewaan konsumen akan membuat online shop anda sepi dan semakin terpuruk.
Dari uraian diatas mengenai Pengertian Online Shop semoga dapat bermanfaat bagi anda yang akan memulai bisnis online shop, belajarlah dari pengalaman orang lain sebelum anda terjun langsung ke dunia bisnis online ini. Jika anda tertarik, Baca Juga : 5 Bisnis Online Untuk Pelajar SMA Omset Puluhan Juta

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel