Pengertian Startup Bisnis Beserta Jenis dan Contohnya

Definisi Pengertian Startup Bisnis Menurut Para Ahli - Apa itu pengertian Startup? Mungkin dari kalian yang baru terjun di dunia bisnis masih jarang mendengar dan mengenal istilah yang satu ini, oleh sebab itu disini penulis akan menjelaskan definisi Startup secara umum dan menurut beberapa ahli. Kata Startup berasal dari bahasa Inggris, arti dalam bahasa Indonesia adalah proses memulai organisasi atau usaha bisnis yang baru terbentuk.

Definisi Pengertian Startup Bisnis Menurut Para Ahli

Secara umum, pengertian startup adalah sebuah perusahaan rintisan yang baru saja dibentuk atau dalam proses perkembangan. Lazimnya tidak semua bidang usaha dapat disebut dengan startup, yang masuk dalam kategori yaitu perusahaan digital, teknologi dan informasi. Semuanya berkembang di dunia internet.

Berikut ini beberapa karakteristik sebuah perusahaan startup, meliputi :
  • Berusia kurang dari 3 tahun
  • Memiliki jumlah pegawai tidak lebih dari 20 orang
  • Jumlah pendapatan (omset) kurang dari 100ribu dolar
  • Produk-porduk yang dibuat bisanya berupa aplikasi digital
  • Biasanya beroprasi dalam bidang teknologi, melalui sebuah website
  • Perusahaan masih dalam tahap perkembangan

Pengertian Startup Menurut Para Ahli

Pengertian Startup menurut Paul Graham (pria kelahiaran Inggris) merupakan ilmuwan komputer, penulis, sekaligus pengusaha. Pendiri startup Viaweb (Toko Yahoo) dan perusahaan Y Combinator. Graham berpendapat bahwa pengertian startup adalah perusahaan yang dibentuk dengan desain agar bisa berkembang dengan cepat. 

Dapat disimpulkan bahwa setiap perusahaan baru yang dirintis tidak bisa langsung dikategorikan sebagai startup apabila tidak didesain agar dapat berkembang dengan pesat. Ia juga menambahkan startup tidak harus bergerak dalam bidang teknologi digital dan memperoleh dana dari investor, namun lebih mementingkan perkembangan. Artinya startup mengikuti perkembangan perusahaan tersebut.

Jenis-Jenis Startup 

Startup dibagi menjadi beberapa jenis, seperti pengembang aplikasi, sistem pembayaran, perdagangan dan penyedia jasa. Perkembangan startup di dunia baru bermunculan pada tahun 1998 hingga 2000an, sementara di Indonesia baru tumbuh dengan pesat pada tahun 2017.

Perkembangan startup di Indonesia tidak terlepas dari pengguna internet yang semakin banyak. Tercatat, lebih dari 133 miliar pengguna internet pada tahun 2017. Hal ini tentunya menjadi peluang bagi para perusahaan startup untuk membuat ide-ide baru kreatif dan inovatif. 

Jenis stratup yang paling banyak diminati di Indonesia yaitu aplikasi edukasi, game, fintech dan e-commerce. Proses pembuatan aplikasi dan game tentu relatif lebih mudah, peluang jenis stratup ini sangat potensial di pasar Indonesia. Kemudian dengan adanya perkembangan sosial media dan smartphone, jenis fintech dan e-commerce ini sangat cocok bagi masyarakat Indonesia.

Contoh Bisnis Startup di Indonesia

Beberapa contoh startup yang mampu menyedot perhatian besar masyarakat Indonesia seperti Tokopedia, Gojek, Bukalapak dan Traveloka. Jenis start Marketplace merupakan paling ramai pada tahun 2017 hingga 2018.

Stratup Fintech (jasa finansial) juga berkembang pesat di Indonesia, contohnya seperti jurnal, Sleekr, Online Pajak, Jojonomic, Veryfund kartoo, Dompet Sehat dan lain sebagainya.

Terimakasih telah membaca artikel dengan judul Definisi Pengertian Startup Bisnis Menurut Para Ahli beserta beberapa jenis dan contoh yang berkembang pesat di Indonesia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel