Batas Wilayah Brunei Darussalam Secara Geografis

Sebutkan dan tuliskan batas-batas wilayah Brunei Darussalam secara geografis? Brunei Darussalam adalah negara di Asia Tenggara yang memiliki PDB per kapita terbesar ke-5 di dunia. Brunei merupakan negara kecil berdasarkan luas wilayahnya. Selain itu, jumlah populasinya juga tidak terlalu banyak. Namun dengan sumber daya alam yang melimpah, negara ini tumbuh dan berkembang menjadi negara maju di kawasan Asean.

Lihat: Peta Negara Brunei Darussalam

Batas Wilayah Negara Brunei Darussalam

Batas-Batas Wilayah Brunei Darussalam

Brunei Darussalam terletak di Pulau Borneo (Kalimantan) bagian utara. Wilayahnya berbatasan langsung dengan daratan negara Malaysia. Dikutip dari wikipedia, luas wilayah Brunei yaitu kurang lebih sekitar 5.765 km2. Negara ini dibagi menjadi dua wilayah, yaitu bagian barat dan timur. Kedua wilayah tersebut dipisahkan oleh negara Malaysia.

Kemudian secara astronomis, letak Brunei Darussalam berada diantara 4°LU - 5°LU dan 114°BT - 115°BT. Letak astronomis ini mempengaruhi keadaan iklimnya. Iklim Brunei Darussalam secara umum sama dengan di Malaysia. yakni tropis khatulistiwa. Suhu dan kelembaban udaranya tinggi, serta sinar matahari dan hujan lebat terjadi sepanjang tahun.


Berikut ini batas-batas wilayah negara Brunei Darussalam dan penjelasannya :
  • Barat : Negara Bagian Sarawak, Malaysia
  • Timur : Negara Bagian Sabah, Malaysia
  • Utara : Laut China Selatan dan Teluk Brunei
  • Selatan : Negara bagian Sarawak, Malaysia
Wilayah Brunei bagian barat terdiri dari 3 distrik, meliputi Belait, Tutong dan Brunei Muara. Bagian barat wilayah ini berbatasan langsung dengan negara Malaysia. Tepatnya negara bagian Sarawak. Beberapa daerah di Sarawak yang berbatasan dengan Brunei seperti Kuala Baram, Lutong, dan Miri.

Kemudian batas wilayah negara Brunei Darussalam bagian timur yaitu dengan Sabah, salah satu negara bagian Malaysia di utara pulau Kalimantan. Contoh daerah di Sabah yang berbatasan dengan Brunei yaitu daerah Sipitang.

Selanjutnya, batas di bagian utara yaitu dengan Laut China Selatan (LCS) dan Teluk Brunei. Teluk brunei berada di sebelah utara Brunei barat dan timur. Beberapa wilayah Brunei yang tidak jauh dari teluk ini contohnya seperti Muara, Mukim Serasa, dan Mukim Menteri.

Batas wilayah Brunei di sebelah selatan, baik itu negara bagian barat dan timur, yaitu berbatasan dengan negara bagian Sarawak. Gunung Mulu dan Taman Negara Gunung Buda merupakan batas wilayah antara Brunei dan Malaysia di bagian selatan.

Demikian pembahasan mengenai batas wilayah negara Brunei Darussalam secara geografis di sebelah barat, timur, utara dan selatan. Semoga informasi diatas dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua. Baca juga artikel menarik dan informatif terkait dengan profil negara Brunei Darussalam lainnya, seperti jumlah penduduk, keadaan alam, maupun perekonomiannya.

Baca juga: Batas Wilayah Negara Indonesia | Batas Wilayah Negara Singapura Batas Wilayah Negara Thailand

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel