Batas Wilayah Negara Indonesia Secara Geografis Lengkap

Batas-Batas Wilayah Negara Indonesia - Setiap negara merdeka tentu memiliki luas wilayah yang sudah ditentukan. Luas wilayah suatu negara ditentukan berdasarkan kesepakatan bersama. Luas wilayah berkaitan dengan batas-batas wilayah suatu negara. Batas wilayah dapat berupa batas laut dan batas daratan.

Negara yang tidak memiliki lautan atau negara yang dikelilingi oleh daratan, tentu tidak memiliki batas laut. Sedangkan negara Indonesia sendiri negara yang terdiri dari belasan ribu pulau. Batas wilayah Indonesia secara geografis dapat kalian ketahui setelah mengetahui letak geografinya.

Batas Wilayah Negara Indonesia

Batas Wilayah Indonesia Secara Geografis

Di lihat pada peta, wilayah Indonesia sangat luas, membentang dari Sabang hingga Merauke. Perbatasan Indonesia tidak hanya dengan negara-negara di Asia Tenggara saja, namun ada pula batas dengan negara di Benua Australia dan Oceania. 

Dikutip dari wikipedia, luas daratan di Indonesia mencapai kurang lebih sekitar 1.922.570 km². Sedangkan luas perairannya sekitar 3.257.483 km². Berdasarkan luas tersebut, Indonesia merupakan negara terluas di kawasan Asia Tenggara.

Secara geografis, letak Indonesia diapit oleh 2 benua dan 2 samudra. Dua benua yang dimaksud adalah Benua Asia dan Australia, sedangkan samudranya adalah Samudra Hindia dan Pasifik. Kemudian secara astronomis, Indonesia terletak diantara 6°LU – 11°08'LS dan dari 95°'BT – 141°45'BT.

Berikut ini batas wilayah Indonesia secara geografis meliputi bagian barat, timur, utara dan selatan beserta penjelasannya.

1. Batas Wilayah Negara Indonesia Sebelah Barat

Batas Wilayah Indonesia Sebelah Barat

Batas wilayah Indonesia di sebelah barat tidak memiliki batas darat, artinya hanya batas laut saja. Di bagian barat, Indonesia berbatasan dengan perairan India dan Samudra Hindia. Pulau Ronde merupakan pulau terluar yang terletak tidak jauh dari Aceh. Pulau ini merupakan batas wilayah laut Indonesia di sebelah barat.

2. Batas Wilayah Negara Indonesia Sebelah Timur

Batas Wilayah Indonesia Sebelah Timur

Kemudian batas wilayah Indonesia di bagian timur yaitu terdiri dari batas darat dan batas laut. Seperti yang kita ketahui bersama, di bagian timur Indonesia terdapat pulau Papua. Pulau ini dibagi menjadi dua negara, bagian barat merupakan wilayah Republik Indonesia, sementara timur wilayah negara Papua Nugini.

Batas darat Indonesia bagian timur yaitu dengan negara Papua Nugini. Wilayah Indonesia bagian barat yang berbatasan dengan Papua Nugini adalah Provinsi Papua. Sedangkan wilayah Papua Nugini yang berbatasan dengan Indonesia yaitu Provinsi Sepik Barat dan Provinsi Barat.

Selain dengan daratan Papua Nugini, Indonesia bagian timur juga berbatasan dengan perairan Samudra Pasifik atau dalam bahasa Spanyol disebut Pacifico (perairan tenang). Baca juga: Keadaan Alam Indonesia

3. Batas Wilayah Negara Indonesia Sebelah Utara

Batas Wilayah Indonesia Sebelah Utara

Selanjutnya batas wilayah Indonesia bagian utara. Di bagian utara, Indonesia memiliki batas darat dan batas laut. Batas darat Indonesia di sebelah utara yaitu dengan negara Malaysia. Tepatnya Malaysia bagian timur yang terdiri dari dua negara bagian.

Seperti yang kita ketahui, Malaysia bagian timur lokasinya berada di Pulau Kalimantan bagian utara. Hal ini membuat kedua negara memiliki batas darat. Dua negara bagian Malaysia yang berbatasan dengan Indonesia yaitu Sabah dan Sarawak. Sedangkan Provinsi di Indonesia yang berbatasan langsung dengan Malaysia yaitu terdiri dari Provinsi Kalimantan Barat, Timur dan Utara.

Jika batas darat Indonesia di sebelah utara hanya dengan Malaysia saja, berbeda dengan batas lautnya. Di sebelah utara, Indonesia memiliki banyak batas laut dengan negara-negara lain di Asia Tenggara. Batas laut Indonesia di sebelah utara meliputi dengan negara Malaysia, Thailand, Singapura, Filipina dan Vietnam.

Lihat: Peta Provinsi di Indonesia

4. Batas Wilayah Negara Indonesia Sebelah Selatan

Batas Wilayah Indonesia Sebelah Selatan

Terakhir batas wilayah Indonesia di bagian selatan. Sama seperti di sebelah utara, wilayah Indonesia di selatan memiliki batas darat dan batas laut (perairan). Batas darat Indonesia di sebelah selatan yaitu dengan negara Timor Leste. Negara Timor Leste adalah bekas Provinsi Indonesia. Negara ini terletak di Pulau Timor, tepatnya di bagian timurnya.

Oleh sebab itu kedua negara memiliki batas daratan. Provinsi Indonesia yang berbatasan langsung dengan negara Timor Leste adalah Provinsi Nusa Tenggara Timur. Beberapa daerah di Indonesia yang berdekatan dengan Timor Leste contohnya seperti Atambua, Haliluk dan Kafamenanu.

Batas Wilayah Indonesia Berdasarkan ZEE

Selain batas wilayah secara geografis, Indonesia juga mempunyai batas wilayah berdasarkan ZEE atau Zona Ekonomi Eksklusif. Batas wilayah ini berkaitan dengan pemanfaatan sumber daya alam yang telah ditentukan atau diukur berdasarkan garis pangkal wilayah laut Indonesia. Selengkapnya: Batas Wilayah Indonesia berdasarkan ZEE.

Kesimpulan :

Berdasarkan penjelasan diatas, dapat kita simpulkan bahwa batas-batas wilayah negara Indonesia terdiri dari batas laut dan batas darat.

1. Secara geografis :
  • Barat : Samudra Hindia dan Perairan India
  • Timur : Negara Papua Nugini dan Samudra Pasifik
  • Utara : Negara Malaysia dan perairan Malaysia, Thailand, Vietnam, Filipina, Singapura dan Laut China Selatan
  • Selatan : Negara Timor Leste dan perairan Australia
2. Batas darat :
  • Negara Malaysia
  • Papua Nugini
  • Timor Leste
3. Batas laut :
  • Perairan India, Malaysia, Thailand, Vietnam, Filipina, Singapura, Australia
  • Samudra Hindia, Samudra Pasifik, Selat Malaka.
Sumber Foto : (Google Map)

Demikian pembahasan secara lengkap mengenai Batas-Batas Wilayah Indonesia secara geografis meliputi bagian barat, timur, utara dan selatan. Semoga informasi diatas dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda. Baca juga profil negara Indonesia lainnya seperti keadaan alam, jumlah penduduk dan suku bangsanya.

Baca Juga: Batas Wilayah Negara MalaysiaBatas Wilayah Negara SingapuraBatas Wilayah Negara Filipina

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel