Batas Wilayah Negara Kamboja Bagian Barat, Timur, Utara dan Selatan

Sebutkan dan jelaskan batas-batas wilayah negara Kamboja disebelah barat, timur, utara dan di bagian selatan secara lengkap dan penjelasannya singkat. Negara Kamboja atau Cambodia adalah salah satu negara di Asia Tenggara yang ibu kotanya berada di Phnom Penh. Sama seperti Thailand, Malaysia dan Brunei Darussalam, Kamboja merupakan sebuah negara berbentuk kerajaan. Kepala negaranya adalah raja, sementara yang menjalankan roda pemerintahan adalah Perdana Menteri.


Kamboja terletak di Semenanjung Indochina. Negara ini berbatasan dengan negara-negara lain di Asia Tenggara. Informasi lebih lanjut, berikut ini penjelasannya.

Batas Wilayah Negara Kamboja

Batas Wilayah Negara Kamboja

Dikutip dari wikipedia, luas wilayah Kamboja yaitu kurang lebih sekitar 181,035 km2. Dari luas tersebut, Kamboja dibagi menjadi 20 provinsi dan empat kota praja. 4 Kota praja di Kamboja meliputi Phnom Penh, Pailin, Sihanoukville dan Kep.

Letak astronomis Kamboja berada diantara 10°LU-15°LU dan 102°BT-108° BT. Berikut ini batas-batas wilayahnya :
  • Barat : Negara Thailand dan Teluk Siam
  • Timur : Negara Vietnam
  • Utara : Negara Laos dan Thailand
  • Selatan : Negara Vietnam Teluk Thailand

Kamboja bagian barat berbatasan dengan Negara Thailand dan Teluk Siam. Wilayah Thailand yang berbatasan dengan Kamboja contohnya seperti Provinsi Trat, Chanthaburi, dan Provinsi Sa Kaeo. Sementara itu, wilayah Kamboja di bagian barat yang dekat dengan Teluk Thailand yaitu Kaoh Kong dan Kiri Sakor.

Kemudian, batas wilayah Kamboja di sebelah timur berbatasan langsung dengan negara Vietnam. Wilayah Vietnam yang berdekatan dengan Kamboja bagian timur contohnya seperti Kon Tum, Pleiku, Boun Ma Thuot dan Gia Nghia.

Selanjutnya, batas Kamboja di bagian utara yaitu berbatasan dengan daratan negara Laos dan Thailand. Wilayah Laos bagian selatan yang berbatasan dengan Kamboja yaitu meliputi Muang Khong, Nakasong, Ban Pakha dan Sanamxai. Sementara itu, wilayah Thailand yang berdekatan dengan Kamboja bagian utara meliputi Provinsi Buriram, Provinsi Surin, Provinsi Sisaket dan Provinsi Ubin Ratchathani.

Terakhir, batas wilayah di bagian selatan. Negara Kamboja berbatasan dengan wilayah Vietnam dan Teluk Thailand. Daerah di Vietnam yang berbatasan dengan Kamboja selatan yaitu Ha Tien, Chau Doc, Tx Hong Ngu dan Tx Kien Tuong.
Itulah penjelasan mengenai batas-batas wilayah di negara Kamboja secara lengkap meliputi bagian barat, timur, utara dan selatan beserta contoh daerah perbatasannya. Semoga pembahasan diatas dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda. Baca juga artikel terkait dengan profil negara Kamboja lainnya. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel