Tips Sukses Cara Bisnis Berjualan Beras Eceran dan Kemasan

Tips Sukses Cara Bisnis Berjualan Beras Eceran dan Kemasan - Jika kita analisis dengan teliti, peluang usaha bisnis beras tentu prospeknya sangat menjanjikan dalam waktu jangka panjang. Karena beras merupakan kebutuhan pokok makanan di Indonesia yang dikonsumsi setiap hari oleh masyarakat. Adanya peluang tersebut dapat kita manfaatkan untuk bisnis berjualan beras, baik secara eceran maupun kemasan. Nah, lalu bagaimana cara bisnis beras?

Cara Bisnis Berjualan Beras

Tips sukses bisnis beras tentu dibarengi dengan strategi dan cara-cara tertentu yang harus benar-benar diketahui dan dikuasai oleh seorang wirausaha/pebisnis jika ingin menggelutinya. Di zaman modern sekarang ini, usaha berjualan beras yang dilakukan pedagang sangat bervariasi, mulai dari dengan cara keliling, offline di toko, dan yang paling ngetrend tentu bisnis beras online yang memanfaatkan media sosial melalui smartphone canggih dengan jaringan internet sebagai pendukungnya.

Anda mungkin pernah membaca atau mendengar kabar berita mengenai kisah sukses bisnis beras, kemudian tertarik untuk memulai bisnis yang satu ini sehingga mencari informasi mengenai tips sukses bisnis berjualan beras eceran dan kemasan. Salah satu kisah sukses yang pernah populer tentu saja wirausahawan bernama Nellys Soekidi, juragan di Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta Timur yang berlatar belakang sebagai pekerja serabutan sebelum sukses seperti sekarang ini.

Tips Sukses Bisnis Berjualan Beras

Mempelajari dasar-dasar ilmu usaha bisnis beras wajib anda kuasai sebelum memulai bisnis menguntungkan yang satu ini agar sukses seperti juragan tersebut. Nah, langsung saja berikut ini beberapa tips sukses cara bisnis beras eceran dan kemasan yang wajib anda pahami.

1. Menentukan Lokasi Bisnis Beras yang Strategis

Jika anda memilih bisnis beras eceran dan kemasan secara offline dengan media tempatnya berupa toko, penentuan lokasi tempat tentu sangat-sangat mempengaruhi kegiatan bisnis. Jika mempunyai modal cukup besar, maka sewa lah toko yang lokasi ramai. Namun jika bisnis beras rumahan untuk penghasilan sampingan, anda tidak perlu repot menyewa sebuah toko.

Menjual beras dirumah kepada tetangga-tetangga sekitar juga bisa memperoleh keuntungan yang lumayan. Kelemahanya adalah harga yang ditentukan harus benar-benar lebih murah dari yang ada di warung-warung kelontong agar bisa bersaing.

2. Mencari Supplier Beras Terpercaya

Setelah menentukan tempat/lokasi, langkah selanjutnya cara memulai bisnis beras adalah mencari penyetok, pemasok atau supplier beras yang akan diperjualbelikan. Ada beberapa tips yang wajib anda pahami. Pertama, carilah pemasok yang menawarkan beras berkualitas dengan harga paling murah "ingat kualitas bagus/terbaik tapi murah".

Selain itu, anggaplah supplaier tersebut sebagai partner kerja dalam kegiatan usaha anda. Tips kedua yaitu carilah pemasok yang konsisten, baik itu dalam hal kualitas dan ketepatan waktu pemasokan. Hal ini tentu akan berimbas kepada perkembangan bisnis beras anda. 

3. Pintar dalam Mengelola Stok Bisnis Beras

Cara Berjualan Beras Eceran dan Kemasan

Cara bisnis beras ketiga yang paling utama dalam perkembangan bisnis beras anda adalah mengelola stok beras. Anda harus benar-benar pintar menata menejemen beras anda di mana stok tidak boleh kurang dan berlibih, hal ini tentu harus dikordinasikan dengan penyetok atau distributor anda.

Mengelola stok beras berarti anda harus mempunyai tempat penyimpanan beras. Coba anda bayangkan, jika bisnis beras anda sedang laris-larisnya tiba-tiba stok beras anda ternyata habis sebelum supplier datang dan anda tidak mempunyai simpanan stok beras. Tentu peluang mendapatkan keuntungan yang lebih banyak sirna begitu saja.

Jadi, ada harus mempunyai simpanan beras namun jangan terlalu banyak, karena jika beras banyak kemudian tidak laku dan disimpan terlalu lama tentu kualitas beras menjadi menurun.

4. Menentukan Target Pasar Bisnis Beras

Setelah memperoleh supplier dan merancang pengelolaan stok bisnis beras anda, sekarang tinggal memilih target pasar. Setiap bisnis dan usaha tentu harus menentukan target pasar, sehingga bisa memperkirakan berapa banyak pembeli dan keuntungan yang akan didapatkan.

Jika bisnis berjualan beras rumahan atau di toko-toko yang menjadi target utama anda adalah masyarakat dilingkungan tempat di mana anda menjalankan bisnis tersebut. Buatlah masyarakat tersebut menjadi pelanggan tetap anda. Bagaimana caranya? tentu dengan kualitas dan pelayanan yang anda lakukan kepada setiap pembeli.

5. Penentuan Kualitas Beras

Peluang Usaha Bisnis Berjualan Beras

Setelah menentukan target pasar, cara bisnis beras selanjutnya adalah menentukan kualitas jenis beras yang akan anda jual. Seperti kita ketahui, ada banyak sekali jenis-jenis beras. Tapi, apakah dari banyaknya jenis tersebut selalu dicoba berbeda-beda setiap hari oleh masyarakat? tentu saja tidak.

Pilihlah jenis beras yang sering di beli oleh masyarakat, caranya bagaimana? lakukan lah survei ke lapangan dengan bertanya ke beberapa warga. Beras dengan permintaan tinggi tentu memiliki beberapa ciri-ciri, diantaranya seperti rasanya enak, harganya murah dan menyehatkan.

Sebagai masyarakat yang tinggal di pedesaan seperti saya, tentu lebih memilih beras lumayan enak dengan harga terjangkau. Namun sebagai penjual beras anda jangan tergiur dengan harga beras berkualitas tapi murah, karena sekarang marak beredar beras murah tapi dicampur plastik.

5. Persiapkan Alat Ukur  Beras

Cara bisnis beras eceran tentu sangat membutuhkan alat ukur untuk menentukan berat kilo gram beras yang akan dibeli. Jika bisnis beras kemasan tentu sebelum dikemas sudah ditimbang berat per kemasannya, namun untuk lebih memberi kesan percaya terhadap pembeli biasanya beras yang sudah dikemas tetap juga di ukur berat kilogramnya. Baca: Keterampilan yang Harus Dimiliki Seorang Wirausaha

6. Manajemen Harga Beras

Tips Cara Bisnis Berjualan Beras Eceran dan Kemasan

Salah satu strategi untuk mematok atau menentukan berapa harga beras yang akan kalian jual adalah dengan memantau harga beras pesaing anda. Cara yang dilakukan biasanya bertanya kepada pelanggan tetap anda. Jika dirasa harga yang ditentukan tidak ekonomis dan terlalu mahal dengan warung/toko-toko lainnya tentu pelanggan dan pembeli lain bakalan kabur, memilih toko lain dengan harga yang lebih murah.

7. Strategi Memperoleh dan Menggunakan Keuntungan

Sebagai seorang pemula dalam bisnis berjualan beras, keuntungan pertama yang didapat sebaiknya digunakan sebagai modal untuk mengembangkan jumlah beras atau stok beras anda. Kemudian anda juga tidak boleh mengambil keuntungan terlalu banyak dengan mematok harga beras terlalu tinggi karena berdampak pada permintaan pembeli semakin berkurang.

8. Meningkatkan Kualitas Pelayanan

Salah satu tips cepat sukses berjualan beras eceran maupun kemasan, sekaligus cara bisnis beras terakhir yang dapat penulis sampaikan adalah meningkatkan kualitas pelayanan. Strateginya bagaimana? tentu harus ramah, sopan dan jangan kaku saat melayani pembeli.

Contohnya apabila ada pembeli maka ajaklah mereka mengobrol, walaupun sebagai basa-basi itu merupakan salah satu bentuk kesopanan dan cara untuk memikat pembeli. Keberadaan mereka harus dispesialkan, anggaplah pembeli adalah raja, kata pepatah.

Sehingga nantinya pembeli yang datang akan betah berlama-lama di toko anda, kemudian pada perkembangan selanjutnya siapa tahun menjadi pelanggan tetap anda.

Terimakasih anda telah membaca artikel tentang Tips Sukses Cara Bisnis Berjualan Beras Eceran dan Kemasan. Semoga dapat bermanfaat bagi anda, jika dirasa menarik, share lah ke teman kalian yang akan memulai bisnis beras. Baca juga: Cara Memperoleh Modal

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel