Keadaan Alam Brunei Darussalam Secara Singkat

Memahami bagaimana keadaan alam di negara Brunei Darussalam dan kondisi bentang alamnya secara singkat. Seperti yang kita ketahui, Brunei Darussalam adalah salah satu negara di kawasan Asia Tenggara yang memiliki sumber daya alam melimpah ruah. Hal ini mengakibatkan perekonomiannya maju dan dikategorikan sebagai negara kaya raya di Asia.

Namun fakta menariknya adalah Brunei Darussalam memiliki keterbatasan sumber daya manusia. Jumlah populasinya bahkan kurang dari 500 jiwa per tahun 2019. Jumlah penduduk Brunei Darussalam berada di posisi paling bawah dibandingkan negara-negara lain di Asia Tenggara. Selain populasinya sedikit, wilayah Brunei juga tidak terlalu luas. Lihat: Peta Negara Brunei Darussalam

Keadaan Alam Brunei Darussalam

Keadaan Alam Brunei Darussalam

Sebelum kita bahas mengenai keadaan alam di negara Brunei Darussalam, terlebih dahulu kita analisis letak geografisnya. Secara umum, letak Brunei Darussalam berada di Pulau Kalimantan atau dijuluki dengan pulau Borneo, tepatnya di ujung utara kalimantan. Dikutip dari wikipedia, luas wilayah negara ini yaitu kurang lebih sekitar 5.765 km².

Wilayah Brunei Darussalam dibagi menjadi dua kawasan, dan dipisahkan oleh negara bagian di Malaysia. Kedua wilayah yang dimaksud yaitu bagian barat dan bagian timur. Dari kedua wilayah tersebut, Brunei Darussalam dibagi menjadi 4 distrik. Tiga distrik berada di bagian barat, sementara 1 distrik di wilayah bagian timur.

Distrik di wilayah bagian barat meliputi Belait, Tutong dan Brunei & Muara. Sementara satu wilayah di bagian barat yaitu Temburong. Sembilan pulih tujuh persen penduduk Brunei tinggal di wilayah bagian barat, dan sisanya di bagian timur.

Baca: Jumlah Penduduk Brunei Darussalam

Keadaan Alam Brunei Darussalam Secara Singkat

Nah berikut ini analisis keadaan alam di negara Brunei Darussalam di kedua kawasan yang sudah disebutkan tersebut :

Wilayah Bagian Barat

Keadaan geografis Brunei Darussalam di ketiga distrik bagian barat secara umum didominasi oleh dataran. Di wilayah ini dialiri sungai yang mengalir ke arah utara. Salah satu sungai terpanjang di bagian barat yaitu Sungai Belait.

Selain dataran, keadaan alam di bagian barat juga terdapat rawa-rawa yang terletak di tepi pantai. Rawa-rawa tersebut dipenuhi oleh hutan bakau yang sangat lebat.

Di daerah bagian barat juga terdapat perbukitan dan pegunungan yang dipenuhi oleh pohon-pohon besar dan lebat. Di dalam hutan hujan tersebut terdapat beberapa hewan yang menghuninya. Contohnya seperti Harimau Tutul, Gajah dan Kera.

Wilayah Bagian Timur

Keadaan alam Brunei Darussalam di wilayah bagian timur didominasi oleh perbukitan dan pegunungan. Sementara itu, titik tertinggi Brunei Darussalam yaitu Gunung Pagon. Tingginya kurang lebih mencapai 1.850 meter diatas permukaan laut. Gunung tersebut terdapat di bagian selatan Brunei bagian barat. 
Demikian pembahasan mengenai Keadaan Alam Brunei Darussalam secara singkat dan penjelasannya. Semoga informasi diatas dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda. Baca juga profil Brunei Darussalam lainnya seperti iklim, jumlah penduduk, dan kehidupan agamanya. Sekian, terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel