Keadaan Alam Malaysia Bagian Barat dan Timur Secara Singkat

Jelaskan bagaimana keadaan alam negara Malaysia di bagian barat dan timur? Negara Malaysia adalah salah satu negara yang terletak di kawasan Asia Tenggara yang merupakan bekas jajahan Inggris (Britania Raya). Negara Malaysia berbentuk Federal dengan sistem pemerintahan Monarki Konstitusional. Kepala negaranya adalah raja dengan gelar Yang di-Pertuan Agong, sementara kepala pemerintahannya yaitu Perdana Menteri.

Malaysia merupakan tetangga dekat Indonesia. Malaysia dan Indonesia sering disebut sebagai negara serumpun. Lalu apakah keadaan alam di negara Malaysia sama seperti di Indonesia? Berikut ini penjelasannya. Lihat: Peta Negara Malaysia

Keadaan Alam Malaysia

Keadaan Alam Malaysia

Secara geografis letak Malaysia berbatasan langsung dengan negara-negara di Asia Tenggara seperti Indonesia, Singapura, Brunei Darussalam dan Thailand. Luas wilayah Malaysia kurang lebih 329.847 km2 dan dibagi menjadi dua kawasan, yaitu bagian barat dan timur.

Keadaan alam negara Malaysia secara umum sama seperti di Indonesia. Terdapat banyak pegunungan, gunung, dataran rendah, dataran tinggi, laut, selat, tanjung, sungai dan pantai. Wilayah Malaysia bagian barat umumnya lebih maju dibandingkan di bagian timur. Sebab letak geografisnya lebih menguntungkan untuk dijadikan pusat perekonomian.

Baca: Jumlah Penduduk Malaysia

Berikut ini penjelasan keadaan geografis Malaysia bagian barat dan timur :

1. Malaysia Bagian Barat

Malaysia bagian barat terletak di Semenanjung Malaka. Di wilayah ini terdapat kurang lebih sekitar 11 negara bagian, terdiri dari Malaka, Johor, Kedah, Kelantan, Perlis, Perak, Trengganu, Selangor, Penang, Pahang dan Negeri Sembilan.

Keadaan alam Malaysia di bagian barat terdiri dari dataran rendah, dataran tinggi pegunungan, dan hutan lebat. Kondisi tanah di wilayah ini bisa dikatakan subur. Gunung Tahan merupakan puncak tertinggi di Malaysia bagian barat. Tingginya kurang lebih sekitar 2.190 mdpl.

2. Malaysia Bagian Timur

Wilayah Malaysia bagian timur terletak di bagian utara Pulau Kalimantan (Borneo). Di daerah ini terdapat dua negara bagian, yaitu Sabah dan Sarawak. Keadaan alam di kawasan ini tidak jauh berbeda dengan di provinsi-provinsi Indonesia di Pulau Kalimantan.

Terdapat hutan lebat dan pegunungan di daerah pedalaman. Selain itu, kenampakan alam di bagian timur terdapat pula rawa-rawa yang terletak di pesisir pantai. Kemudian di daerah ini juga terdapat perbukitan dan lembah berhutan yang dihuni oleh banyak hewan. Puncak tertinggi Malaysia bagian timur adalah Gunung Kinabalu. Tingginya kurang lebih sekitar 4.101 mdpl (meter diatas permukaan laut).

Sumber Daya Alam Malaysia

SDA negara Malaysia sangat melimpah, terutama di sektor pertanian, pertambangan dan kehutanan. Di bidang pertanian, Malaysia merupakan salah satu negara pengekspor karet terbesar. Selain karet, beberapa hasil pertaniannya seperti lada, kakao, minyak sawit dan tembakau.

Kemudian di bidang pertambangan. Hasil tambang negara Malaysia yang paling menonjol adalah Timah dan Minyak Bumi. Kedua hasil tambang tersebut merupakan penyumbang terbesar di bidang ekonomi. Bahkan Malaysia pernah menjadi negara penghasil timah terbesar di dunia.

Terakhir di bidang kehutanan. Sebagai salah satu negara yang memiliki hutang cukup luas, Malaysia tentu memanfaatkan hutan untuk kepentingan perekonomiannya. Hasil hutan negara Malaysia contohnya seperti kayu jati, dan karet.
Demikian pembahasan mengenai Keadaan Alam Malaysia di Bagian Barat dan Timur secara singkat dan jelas. Semoga pembahasan diatas dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda. Baca juga artikel terkait profil negara Malaysia lainnya seperti kehidupan ekonomi, agama dan suku bangsanya. Sekian, terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel