Keadaan Alam Myanmar Secara Singkat dan Gambarnya

Jelaskan bagaimana keadaan alam di negara Myanmar? Pertanyaan tersebut akan kita bahas secara singkat dan rinci disertai dengan gambarnya. Jika kalian sedang mencari jawaban atas pertanyaan tersebut, maka tepat sekali mampir ke mari. Republik Persatuan Myanmar adalah salah satu negara di kawasan Asia Tenggara yang dulunya bernama Burma. 

Letak geografi Myanmar secara umum berada di Asia Tenggara paling ujung utara. Negara ini berbatasan langsung dengan Bangladesh dan India di sebelah barat, dengan China di sebelah utara dan timur laut, sementara di sebelah timur berbatasan dengan Laos dan Thailand. Lihat: Peta Negara Myanmar

Keadaan Alam Myanmar
Gunung Hkakabo Razi, Myanmar
Keadaan alam Myanmar pada umumnya tidak jauh berbeda dengan negara-negara di sekitarnya, seperti Thailand dan Laos. Untuk lebih jelasnya, berikut informasinya.

Baca: Jumlah Penduduk Myanmar

Keadaan Alam Negara Myanmar

Berdasarkan garis lintangnya, letak astronomis Myanmar berada diantara 9°LU dan 29° LU, dan 92°BT dan 102°BT. Dikutip dari wikipedia, luas wilayah Myanmar kurang lebih sekitar 676.578 km² dan dibagi menjadi 7 negara bagian.

Kondisi geografis kenampakan alam Myanmar dibagi menjadi 6, meliputi pegunungan, pantai, sungai, dataran rendah, dataran tinggi dan gunung. Berikut ini penjelasannya.

1. Pegunungan

Sama seperti Indonesia, negara Myanmar memiliki keadaan alam berupa pegunungan yang tersebar di sebagian besar wilayahnya. Beberapa deretan pegunungan di wilayah bagian barat contohnya seperti Pegunungan Chin, Pegunungan Patkai dan Pegunungan Arkan Yoma. Tidak hanya di bagian barat, di wilayah utara juga terdapat pegunungan. Contohnya seperti Pegunungan Kurmon.

2. Perbukitan

Selain pegunungan, keadaan alam di negara Myanmar juga terdapat banyak pantai. Sebab di wilayah bagian baratnya berbatasan langsung dengan laut. Setiap negara yang berbatasan dengan laut pasti memiliki pantai. Beberapa contoh pantai yang cukup terkenal di negara Myanamr seperti :
  • Pantai Pa Nyit
  • Pantai Granfather
  • Pantai Kanthaya
  • Pantai Kaukpyu
  • Pantai Ngapali
  • Pantai Chaung Tha

3. Sungai

Sungai merupakan salah satu sumber air yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan pertanian. Nah di Myanmar juga terdapat sungai-sungai besar yang tersebar di beberapa wilayahnya. Sungai yang cukup populer di Myanmar yaitu Sungai Irawaddi. Panjang sungai ini kurang lebih sekitar 2.170 km. Beberapa contoh sungai lain di negara ini misalnya seperti Sungai Salwen dan Sungai Chindwin.

4. Dataran Rendah

Keadaan alam negara Myanmar selanjutnya adalah dataran rendah. Dataran rendah di Myanmar terdapat di wilayah bagian tengah dan beberapa daerah lainnya. Dataran rendah yang terdapat di bagian tengah memotong delta sungai Irawaddi. Di dataran rendah, banyak kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh masyarakat Myanmar. 

5. Dataran Tinggi

Jika di wilayah bagian tengah sebagian besar daerahnya dataran rendah, berbeda dengan di bagian timur. Kondisi geografis Myanmar di bagian timur memiliki banyak dataran tinggi. Dataran tinggi yang dimaksud yaitu berupa Plato. Dataran tinggi Palto ini menjadi batas antara Myanmar dan wilayah Muangthai, Thailand.

6. Gunung

Selain pegunungan dan dataran tinggi, keadaan alam di negara Myanmar juga terdapat banyak gunung. Gunung-gunung di Myanmar menjulang tinggi, tidak kalah dengan yang ada di Indonesia. Bahkan, salah satu gunungnya merupakan yang tertinggi di Asia Tenggara. Beberapa gunung tertinggi di Myanmar antara lain meliputi :
  • Gunung Hkakabo Razi 5.881 Mdpl
  • Gunung Gamlang Razi 5.870 Mdpl
  • Gunung Dindaw Razi 5.464 Mdpl
  • Gunung Timi Razi 5.101 Mdpl
  • Gunung Tasudo Razi 4.841 Mdpl
Sumber: Wikipedia

Demikian pembahasan mengenai Keadaan Alam Myanmar secara singkat. Semoga pembahasan diatas dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda. Baca juga artikel informatif lainnya seputar profil negara Myanmar maupun negara lainnya di kawasan Asia Tenggara. Sekian, terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel