Keadaan Alam Negara Filipina Secara Singkat

Jelaskan bagaimana keadaan alam di negara Filipina secara singkat? Republik Filipina adalah negara di Asia Tenggara yang memiliki banyak sekali pulau. Oleh sebab itu, negara ini dikategorikan sebagai negara kepulauan, sama seperti Republik Indonesia. Keadaan alam Filipina tidak jauh berbeda dengan yang ada di Indonesia, begitu juga dengan keadaan masyarakatnya. Kota Manila adalah ibu kota Filipina, sementara Quenzon City merupakan kota terbesarnya. 

Itulah profil singkat negara Filipina. Lalu, bagaimana dengan kondisi geografinya? Berikut ini akan kita bahas secara singkat. Simak selengkapnya. Lihat: Peta Negara Filipina

Keadaan Alam Negara Filipina

Secara geografis, letak Filipina berada di Lingkar Pasifik Barat. Tepatnya berbatasan dengan Laut China Selatan di sebelah barat, dan berbatasan dengan Laut Sulawesi di sebelah Selatan. Jika dilihat dari peta, letak negara Filipina dengan jelas berada di sebelah utara Pulau Maluku dan Sulawesi serta Kalimantan Ktara bagian barat. 

Filipina memiliki luas daratan kurang lebih sekitar 343.448 km². Negara ini terdiri dari 7.107 pulau dan memiliki garis pantai salah satu terpanjang di Asia Tenggara, yakni sepanjang 36.289 km. Keadaan alam Filipina bisa dikatakan tidak jauh berbeda dengan Indonesia. Terdapat banyak pegunungan, perbukitan, lembah, sungai, dan hutan lebat yang tersebar di beberapa wilayahnya.

Selain itu, Filipina juga memiliki banyak danau-danau besar. Seperti Danau Sultan Alonton di Pulau Mindanao, Danau Laguna de Bay, dan Danau di Pulau Lozon. 

Sama seperti Indonesia, Filipina memiliki banyak pegunungan vulkanis. Genung-gunung tersebut tentu dapat menimbulkan bencana yang berbahaya, namun dari sisi positif letusannya dapat menyuburkan tanah. Beberapa contoh gunung api di Filipina seperti Gunung Apa di Pulau Mindanao, dan Gunung Mayon di Pulau Luzon.

Baca: Jumlah Penduduk Filipina

Iklim Negara Filipina

Itulah informasi mengenai keadaan alam di negara Filipina. Lalu, bagaimana dengan kondisi iklimnya? Iklim di negara Filipina sama seperti Indonesia, yakni tropis.

Curah hujan di Filipina mencapai kurang lebih sekitar 2.030 mm. Sementara suhu rata-ratanya setiap tahun adalah 27 derajat celcius. Iklim tersebut mengakibatkan banyak sekali spesies tumbuhan dan burung. Terdapat kurang lebih 700 spesies burung dan lebih dari 10 ribu jenis tumbuhan yang ada di negara Filipina.
Demikian pembahasan secara singkat mengenai Keadaan Alam di Negara Filipina beserta kondisi iklimnya. Semoga informasi diatas dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda. Baca juga profil negara FIlipina lainnya seperti jumlah penduduk, bentuk negara dan sistem pemerintahannya. Sekian, terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel