Keadaan Alam Negara Thailand Secara Singkat

Jelaskan bagaimana keadaan alam negara Thailand? Thailand merupakan salah satu negara yang terletak di kawasan Asia Tenggara dengan bentuk pemerintahan kerajaan. Dikenal dengan julukan Negari Gajah Putih, sebab di negara ini terdapat banyak Gajah berwarna putih yang kemudian dijadikan lambang negara Thailand.

Sebelum kita bahas mengenai keadaan alam Thailand atau kondisi geografinya, pada pembahasan kami telah menyajikan informasi jumlah penduduk Thailand terbaru dan terupdate. Nah, jika kalian belum membacanya, silahkan dibaca juga informasi menarik tersebut.

Keadaan Alam Negara Thailand

Keadaan Alam Negara Thailand

Secara umum, keadaan alam di negara Thailand dipengaruhi oleh letak geografisnya. Sementara letak geografis dan astronomis suatu negara mempengaruhi keadaan iklimnya.

Letak geografis Thailand berada di kawasan Asia Tenggara, tepatnya berbatasan langsung dengan negara Myanmar, Laos, Kamboja, dan Malaysia.

Berikut ini rinciannya :
  • Barat : Myanmar
  • Timur : Laos, Kamboja
  • Utara : Laos, Myanmar
  • Selatan : Malaysia
Lalu bagaimana dengan keadaan alam Thailand? 

Berdasarkan luasnya, Thailand memiliki luas wilayah kurang lebih sekitar 513.120 km2. Kondisi gografinya dibagi menjadi empat, antara lain meliputi :
  • Pertama : Wilayah dataran rendah, terdapat di bagian tengah Thailand. Di wilayah ini merupakan daerah yang subur, sebab dialiri oleh aliran sungai, yakni Sungai Chao Phraya.
  • Kedua : Daerah pegunungan, wilayah pegunungan terdapat di sebelah barat dan utara. Sementara puncak tertingginya yaitu Gunung Doi Inthanon, tingginya kurang lebih sekitar 2.594 meter diatas permukaan laut.
  • Ketiga : Pegunungan kapur. Selain daerah pegunungan yang sudah disebutkan diatas, Thailand juga memiliki wilayah pegunungan kapur dan pegunungan Plato. Lokasi pegunungan ini berada di sebelah timur.
  • Keempat : Keadaan alam Thailand selanjutnya di bagian selatan yaitu merupakan Semenanjung Melayu.

Pengaruh Keadaan Alam Thailand

Nah dari penjelasan diatas mengenai kondisi grogefisnya, lalu bagaimana dengan pengaruhnya terhadap iklim di negara Thailand? Secara umum, iklim Thailand sama dengan negara-negara lain di Asia Tenggara, yakni subtropis dan tropis.

Di negara Thailand terdapat tiga musim, yakni musim panas, hujan, dan dingin. Secara singkat, wilayah Thailand di bagian selatan lebih panas dari pada di bagian utara. Sebab daerah di bagian selatan lebih dekat dengan garis khatulistiwa. Sementara wilayah di bagian utara lebih lebih dingin karena dekat dengan kutub utara.

Berikut ini rincian periode cuaca di negara Thailand :
  • Musim Panas : Berlangsung pada bulan Maret-Mei
  • Musim Hujan : Berlangsung pada bulan Mei-November (terutama wilayah pedalaman)
  • Musim Dingin : Terjadi pada bulan November-Mei (bagian utara).
Demikian pembahasan secara singkat mengenai Keadaan Alam Negara Thailand dan pengaruhnya terhadap geografis, iklim dan musimnya. Semoga informasi diatas dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua. Baca juga profil lain terkait negara Thailand atau negara-negara lainnya di Asia Tenggara. Sekian, terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel