Keadaan Alam Singapura Secara Singkat dan Lengkap

Jelaskan bagaimana keadaan alam di negara Singapura? Pertanyaan menarik yang akan kita bahas pada artikel kali ini secara singkat dan lengkap berdasarkan beberapa sumber referensi terpercaya. Singapura adalah negara kepulauan di kawasan Asia Tenggara yang bercorak industri. Letaknya yang sangat strategis menjadikan Singapura sebagai pelabuhan transit terbesar, padahal sumber daya alamnya terbatas. Lihat: Peta Negara Singapura

Keadaan Alam Singapura

Keadaan Alam Singapura
Foto by : http://www.wisatasingapura.web.id
Sebelum kita bahas secara rinci mengenai kondisi keadaan alam di negara Singapura, terlebih dahulu kita bahas profilnya secara singkat. Singapura adalah negara yang berbentuk republik parlementer. Kepala negaranya dipimpin oleh seorang Presiden, sementara kepala pemerintahannya diurus oleh Perdana Menteri.

Dikutip dari wikipedia, luas wilayah Singapura yaitu kurang lebih sekitar 722,5 km2. Sementara total jumlah penduduknya lebih dari 5 juta jiwa. Dengan luas dan jumlah penduduk tersebut, kepadatan penduduk Singapura menempati urutan ke dua di dunia.

Lalu bagaimana dengan kondisi geografinya? Baca juga: Jumlah Penduduk Singapura

Keadaan Alam di Negara Singapura

Negara Singapura terdiri dari banyak pulau. Totalnya kurang lebih sekitar 63 pulau. Namun pulau-pulau di negara ini bisa dibilang tidak luas atau pulau kecil. Pulau utama sekaligus pulau terbesarnya adalah Pulau Singapura atau nama resminya adalah Pulau Ujong. Di pulau ini merupakan pusat dilangsungkannya kegiatan perekonomian Singapura.

Akibat keterbatasan wilayah, Singapura secara bertahap melakukan reklamasi tanah untuk memperluas wilayahnya. Dengan dilakukannya reklamasi tersebut, dari tahun ke tahun luas wilayah Singapura menjadi semakin bertambah.

Keadaan alam Singapura berdasarkan fisiknya dibedakan menjadi 3, yakni di bagian barat daya, tengah, dan timur. Berikut ini penjelasannya.

1. Bagian Barat Daya

Wilayah Singapura bagian barat daya bisa dikatakan daerah yang memiliki keadaan alam berupa lembah, perbukitan dan rawa-rawa. Daerah ini memiliki bukit yang bergelombang-gelombang. Salah satu contoh bukut yang cukup terkenal di kawasan ini adalah Bukit Feber. Bukit ini menjadi salah satu magnet untuk dikunjungi oleh wisatawan yang datang ke Singapura.

2. Bagian Tengah

Keadaan alam Singapura bagian tengah terdiri dari wilayah bagian tengah dan utara. Di kawasan ini kondisi geografisnya berbukit-bukit. Salah satu bukit di daerah ini misalnya seperti Bukit Timah. Terdapat juga sungai yang mengalir di wilayah ini. Sungai tersebut dimanfaatkan oleh pemerintah sebagai sarana transportasi publik.

3. Bagian Timur

Berbeda dengan wilayah dibagian tengah dan barat daya, wilayah Singapura bagian timur didominasi oleh dataran rendah. Di daerah ini terdapat banyak rawa-rawa dan sungai. Namun sungai di kawasan ini bisa dibilang dangkal. Selain dangkal, aliran sungainya pun tidak terlalu cepat. Sehingga tidak dapat dimanfaatkan untuk sarana transportasi.
Demikian pembahasan mengenai Keadaan Alam di Negara Singapura secara singkat dan jelas. Semoga informasi yang kami sajikan diatas dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda. Baca juga profil negara Singapura lainnya seperti jumlah penduduk dan keadaan perekonomiannya. Sekian, terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel